Rabu, 10 April 2019

Peternakan Dan Perikanan Di Indonesia


Peternakan di Indonesia merupakan salah satu kegiatan memelihara dan mengembang biakan hewan untuk memenuhu kebutuhan manusia. Artinya, hasil peternakan dapat menambah kesejahteraan penduduk itu sendiri. Peternakan penduduk yang ada merupakan pekerjaan sambilan yang sifatnya membantu kehidupan keluarga. Misalnya, ternak ayam atau kambing terbatas hanya untuk di ambil telur dan dagingnya.

Karena menyadari bahwa peternakan di Indonesia merupakan pekerjaan sampingan keluarga, pemerintah berusaha memberikan penyuluhan agar usaha peternakan itu di masyarakatkan. Caranya adalah dengan mengajak petani untuk menjadikan peternakan sebagai usaha dalam kegiatan kehidupan sehari-hari.

Sedangkan perikanan kegiatan menangkap, membudidayakan, dan mengolah sumberdaya alam berupa ikan, baik di perairan darat, payau, maupun laut. Usaha perikanan terdiri atas perikanan air tawar dan perikanan laut.

Perikanan air tawar yaitu perikanan yang di usahakan di perairan sungai, danau, kolam ikan, rawa, serta sawah. Sedangkan perikanan laut yaitu perikanan yang di usahakan di laut lepas.

Berdasarkan cara mengusahakannya, perikanan digolongkan menjadi 2, yaitu perikanan tangkapan langsung dari alam, seperti tangkapan dari laut, sungai, danau, atau air payau dan perikanan yang di usahakan secara insentif di kolam ikan, danau atau waduk, tambak, sawah, dan keramba.

Selanjutnya > SEKTOR PERTANIAN

Peternakan Dan Perikanan Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar