Rabu, 18 September 2019

Mempelajari Struktur Bumi Dan Matahari


Bumi merupakan planet tempat makhluk hidup berada. Jika bumi dibelah seperti kita membelah buah semangka, maka akan terlihat bagian-bagian lapisan dari bumi.

Lapisan pertama bumi adalah kerak bumi. Dilapisan inilah makhluk hidup melakukan segala kegiatannya. Kerak bumi tebalnya mencapai 32km dibawah permukaan tanah. Sedangkan kerak bumi dibawah permukaan laut tebalnya sekitar 8km.

Lapisan ke dua adalah selubung atau mantel. Lapisan ini berisi batu dengan ketebalan sekitar 2900 kilometer. Menurut para ahli batuan ini terdiri dari batuan padat. Sedangkan lapisan ke tiga adalah inti bumi.

Pada inti bumi terdapat bahan yang paling berat dan keras, tetapi diluarnya sangat panas. Keadaan panas di inti bumi dinamakan magma atau batuan kental. Batuan pijar yang cair ini sewaktu-waktu dapat keluar ke permukaan bumi. Keluarnya cairan panas ini bisa melalui kulit bumi yang tipis atau melalui letusan gunung berapi.

Struktur permukaan bumi sangat berbeda dengan struktur permukaan matahari. Matahari terdiri dari sebagian besar gas panas. Matahari tersusun atas tiga lapisan, yaitu dinamakan fotoster, kromosfer, dan korona.

Fotosfer disebut juga lapisan cahaya oleh karena lapisan ini mengeluarkan cahaya yang kuat sekali. Bagian Matahari yang kita lihat sehari-hari merupakan pancaran cahaya dari lapisan ini. Sebagaimana lapisan matahari yang lain, fotosfer juga terdiri dari gas.

Diatas permukaan fotosfer, terdapat lapisan gas lain yang merupakan lapisan atmosfer Matahari. Sinar dari atmosfer Matahari tidak seterang sinar dari fotosfer. Lapisan bawah atmosfer matahari dinamakan kromosfer. Lapisan kromosfer memiliki tebal 16.000 kilometer. Kromosfer berwarna kemerah-merahan. Kromosfer terlihat seperti gelang merah ketika gerhana Matahari.

Lapisan mMatahari yang paling luar dinamakan korona. Bagian tersebut kadang-kadang terlihat seperti mahkota, oleh sebab itu, dinamakan korona. Korona akan tampak terlihat jelas pada saat gerhana matahari total. Karena bagian Matahari yang menyilaukan tertutupi oleh bulan, korona berwarna keabu-abuan dan bentuknya berubah-ubah.

Mempelajari Struktur Bumi Dan Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar