Kamis, 06 Desember 2018

Sumberdaya Alam Non Fisik Sektor Pertanian


Indonesia dikenal sebagai negara agraris, dan sebagian besar mata pencaharian penduduk Indonesia adalah bertani. Pertanian di Indonesia merupakan usaha rakyat, sementara pemerintah hanya memberikan berbagai bimbingan dan pengarahan yang bertujuan untuk lebih meningkatkan hasil usaha pertanian milik rakyat. Usaha pemerintah tersebut antara lain, menyediakan bibit unggul, menyediakan obat-obatan pembasmi hama, menyediakan pupuk, dan menyiapkan para petugas penyuluh pertanian.

Pertanian di Indonesia, terutama yang menghasilkan bahan pangan, merupakan usaha rakyat. Pertanian yang banyak diusahakan rakyat antaral lain, bersawah, berkebun, berladang, dan bertegal.

Bersawah merupakan cara bertani yang dianggap lebih baik dan sempurna. Namun, di dalam bersawah diperlukan air yang cukup. Selain itu juga diperlukan penanganan yang lebih khusus dan lebih lanjut. Misalnya, tanah di olah dengan menggunakan bajak, kemudian diberi pupuk disertai pembasmian hama tanaman secara teratur.

Usaha persawahan yang dilakukan oleh rakyat ada beberapa cara, diantaranya sawah irigasi, sawah pasang surut, sawah tadah hujan, dan sawah lebak. Sawah irigasi ialah sawah yang memperoleh pengairan dari irigasi secara teratur sehingga tidak bergantung pada turunnya hujan. Hasil sawah irigasi bisa di panen tiga kali dalam satu tahunnya.

Sawah pasang surut adalah sawah yang terletak biasanya pada muara sungai dan di pinggir pantai. Sawah pasang surut baru bisa ditanami pada saat air sungai mulai surut. Jenis padi yang ditanam pada jenis sawah ini yaitu jenis padi banarawa. Padi banarawa banyak diusahakan di Riau, di dekat muara sungai Barito (Kalimantan), serta didekat muara sungai-sungai besar (Palembang dan Jambi).

Sawah tadah hujan adalah sawah yang sistempengairannya sangat bergantung pada air hujan. Sawah tadah hujan biasanya hanya dipanen setahun sekali. Dalam rangka memberdayakan sawah tadah hujan, saat ini banyak petani menggunakan mesin untuk perairan sawah. Terakhir yaitu sawah lebak, ialah sawah yang terdapat disebelah sisi kanan dan sisi kiri sebuah sungai.

Selanjutnya > BERKEBUN, BERLADANG, DAN BERTEGAL

Sumberdaya Alam Non Fisik Sektor Pertanian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar